Rabu, 20 Juli 2016

Jion (Gion)


J I O N


Kata Jion memiliki 47 gerakan dengan waktu aplikasi sekitar 60 detik. Arti dari Gion (Kadang dibaca Jion) belum ditemukan. Ini merupakan KATA Shorei yang diberi nama setelah rahib Cina datang ke Okinawa. Gion juga merupakan nama pura di Jepang dan Cina. Dan Gion dikenal sebagai nama rahib Budha Suci. Nama KATA ini tidak mengalami perubahan. Gion dipelajari di Tomari. Versi lain dari KATA Gion ini juga dipelajari aliran karate Wado-Ryu. Didalam mengambil nama dari rahib Budha Suci, Gion berkonotasi ketenangan, penuh kebanggaan, dan penuh kekuatan dalam mempelajarinya. KATA ini didemonstrasikan oleh Sensei Tanaka dalam buku The Best Karate. 

Dalam melakukan Kata Jion ini, diperlukan ketenangan, gerakan yang penuh tenaga, dan dengan semangat bertarung yang hebat.

Gerakan kata ini dapat diikuti dalam video-video berikut ini. Jika dicermati, memang terdapat beberapa (sedikit) perbedaan dari satu video dengan video lainnya. Pembiasan gerakan ini bisa saja terjadi selain karena perbedaan aliran karate, juga dalam aliran yang sama bisa saja terjadi karena gerakan kata diturunkan/ diajarkan dari generasi ke generasi. 

Jepang adalah negeri dimana karate berasal. Hal yang kami pelajari dari satu video ke video lainnya, terutama video-video pertandingan Kata, tim Kata dari negara Jepang, biasanya tampil dengan gerakan yang sedikit berbeda dengan negara lainnya. Gerakan yang mereka tunjukan adalah gerakan-gerakan asli Kata yang benar. Itulah mengapa dalam video-video Kata di blog ini, kami lebih banyak mengambil gerakan kata yang ditampilkan dari Jepang. Yang lainnya (dari negeri lainnya) dapat dijadikan sebagai pembanding untuk mempelajari Kata. Yang pasti adalah, Anda harus selalu bertanya pada senior/ pelatih, atau Sensei anda terkait gerakan yang benar.

= KATA =






--------------------------------------------------------------------------------------

= BUNKAI =

Dalam video berikut, ditunjukan aplikasi-aplikasi untuk gerakan-gerakan dalam kata Jion. Aplikasi ini bukan satu-satunya gerakan yang mesti diikuti. Anda dapat membuat aplikasi/ bunkai sendiri disesuaikan dengan bentuk gerakan kata Jion. 


== selamat berlatih ==

Tidak ada komentar:

Posting Komentar